PAGELARAN INDONESIA KIRANA 2019


(unpadchoir.com/11/7/2019) Dalam rangka mempersiapkan diri menuju kompetisi, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran menggelar sebuah pagelaran bertajuk Pagelaran Indonesia Kirana 2019 yang dilaksanakan pada tanggal 30 Juni 2019 di Graha Swara Universitas Tarumanagara dan 3 Juli 2019 di Grha Sanusi Hardjadinata, Unpad Dipatiukur.
Pagelaran Indonesia Kirana dilaksanakan untuk mempersiapkan Tim Indonesia Kirana 2019
menuju 1 st Asia Choral Grand Prix di Manila, Filipina dan 67 th International Choral Competition Polifonico “Guido d’Arezzo” di Italia.

Konser pada tanggal 30 Juni 2019 di kota Jakarta terbagi ke dalam 2 sesi konser, yaitu konser siang (14.00) dan konser malam (18.30) karena melihat antusiasme dari penonton.
Konser terbagi menjadi dua sesi, sesi pertama membawakan lagu-lagu yang akan dibawakan saat kompetisi, dibuka dengan lagu Anima Nostra karya Josef Rheinberger yang menceritakan tentang jiwa yang bebas digambarkan seperti burung gereja yang melarikan diri dan bebas.
Tidak hanya itu, pada sesi konser ini juga menyajikan lagu dengan koreografi yang menarik dalam lagu Readymade Alice, sebuah lagu kontemporer karya Perttu Haapanen yang dibuat berdasarkan hasil pencarian kata ‘Alice’ di internet.
Sesi kedua konser membawakan lagu-lagu konser kebudayaan. Tidak hanya berkompetisi, PSM Unpad juga membawakan misi kebudayaan ke Roma, Italia setelah berkompetisi di Arezzo. Pada sesi ini terdapat lagu-lagu daerah yang sangat khas dari PSM Unpad, contohnya adalah Paris Barantai karya komposer muda berbakat Indonesia, Ken Steven, dan Fajar dan Senja II juga Hentakan Jiwa oleh komposer yang sama.
Lagu Gayatri karya Bagus S. Utomo menutup konser dengan apik melalui koreografi dan drama yang menarik. Riuh rendah penonton terdengar sesaat setelah lagu encore yaitu Indonesia Pusaka dengan khidmat dinyanyikan.
Terdapat perbedaan antara konser Jakarta dan Bandung, yaitu penutupan diakhiri dengan pelepasan Tim Indonesia Kirana 2019 oleh Perwakilan dari Rekorat Universitas Padjadjaran pada konser Bandung.
“Ini menjadi pengalaman yang berharga untuk saya karena dapat menyelenggarakan konser besar dengan kepanitiaan Indonesia Kirana 2019 dan tentunya kepanitiaan konser pra kompetisi ini,” ujar Dani Ramadhan, selaku Ketua Pelaksana Pagelaran Indonesia Kirana 2019. “Semoga konser pra kompetisi ini menjadi batu loncatan bagi Tim Indonesia Kirana 2019 untuk meraih kemenangan dan memberikan semangat dan inspirasi selalu bagi seluruh paduan suara Indonesia!” tutupnya.

(Clara Vennia)