Kemeriahan Rangkaian Penerimaan Anggota Baru 2019

Pada akhir bulan Agustus 2019 lalu, Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) sudah mengawali Rangkaian Penerimaan Anggota Baru (RPAB) 2019 dengan sangat meriah dan menarik. Kegiatan RPAB 2019 sendiri diawali dengan aktivitas “Student Day” saat Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Padjadjaran (PRABU) 2019. Acara Student Day ini dikemas dalam bentuk yang sangat apik sehingga dapat memikat antusiasme mahasiswa baru untuk bergabung menjadi bagian dari Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran.

Rangkaian selanjutnya setelah Student Day adalah ambitus, di mana semua calon anggota baru PSM Unpad akan dibagi sesuai dengan jenis suara mereka masing-masing yaitu: sopran, alto, tenor dan bass. Pembagian kelompok suara secara besar akan menjadi modal sekaligus langkah awal calon anggota baru untuk terjun di dunia paduan suara.

Selanjutnya, pada awal bulan Oktober 2019, calon anggota baru PSM Unpad melaksanakan latihan reguler perdananya, mereka mulai belajar bagaimana teknik dasar paduan suara, mulai dari sikap duduk, pengambilan nafas dan teknik bernyanyi lainya. Penerapan dasar teknik paduan suara tersebut kemudian diterapkan kepada lagu-lagu yang berada di my first song book (buku panduan bagi calon anggota baru PSM Unpad) seperti Hymne Unpad, Almamater, Bagimu Negeri dan lainnya.

Rangkaian latihan reguler memiliki program lain yang berupa workshop yang bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan guna memperkaya wawasan calon anggota baru PSM Unpad. Di dalam Workshops tersajikan berbagai macam pemahaman mengenai musik, not angka/balok, keorganisasian dan jadwal di PSM Unpad, serta yang terakhir memperkenalkan kostum-kostum yang digunakan pada setiap agenda PSM.

Seluruh rangkaian kegiatan latihan reguler pada dasarnya dimaksudkan kepada calon anggota baru agar mereka dipersiapkan dan diarahkan untuk mengikuti puncak RPAB 2019 yaitu welcoming party sebelum benar-benar dilantik menjadi anggota resmi PSM Unpad.

 

(Aldy)