Akhir Baik Membukakan Jalan Perjuangan Bagi Penerus : Musyawarah Besar PSM Unpad 2023


Also read in English
Aos ogé dina Basa Sunda
[unpadchoir.com Bandung,18/1/2023] Setelah satu perjalanan panjang, agenda terakhir untuk menutup kepengurusan Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran yang dilaksanakan rutin di tiap periode adalah Musyawarah Besar. Kegiatan yang diadakan pada Jumat hingga Minggu 6-8 Januari 2023 ini, bertujuan untuk memaparkan laporan pertanggungjawaban pengurus selama satu tahun kepengurusan Kabinet Progressio kepada seluruh elemen PSM Unpad. Kang Arvin Zeinullah sebagai pelatih utama, Alumni PSM Unpad, Tim Teknis, serta anggota aktif pun ikut hadir berpartisipasi pada Musyawarah Besar yang tahun ini diadakan secara hibrida di Kampus Unpad Dipatiukur dan ruang virtual Zoom Meeting.

Rangkaian Musyawarah Besar tahun 2023 dibuka dengan Laporan Pertanggungjawaban Kepengurusan Kabinet Progressio. Dimulai dengan pemaparan dari Birgitta Fortune sebagai ketua PSM Unpad Kabinet Progressio bersama Tsabita Nur Zhahira sebagai wakilnya dilanjutkan oleh setiap manajer divisi untuk menjelaskan tentang pencapaian dari program-program kerja yang telah dilaksanakan. 

 “Sangat bersyukur akhirnya satu tahun perjalanan bersama Progressio di tahun 2022 sudah selesai. Kalau digambarkan, kabinet progressio itu seperti sekumpulan orang yang sedang berjuang untuk ‘bangun dan bangkit’. Bangun dari peristirahatan selama pandemi dan bangkit untuk kembali berprestasi dan bereksistensi dalam dunia paduan suara. Jatuh bangun, senang sedih, semua dialami selama proses pembelajaran di tahun 2022. Semoga satu tahun bersama Progressio bisa membekali teman-teman penerus pengurus dalam melangkah lebih jauh lagi kedepannya. Untuk kepengurusan 2023, pasti nantinya punya tantangan tersendiri. Teman-teman penerus harus terus berbekal rasa optimis dan daya juang agar tujuan jangka panjangnya bisa tercapai se-melelahkan apapun perjalanannya. Selamat menyambut tahun 2023 dan sukses untuk teman-teman pengurus berikutnya!” ujar Birgitta Fortune  selaku Ketua PSM Unpad Kabinet Progressio.

Tsabita Nur Zhahira sebagai Wakil Ketua Kabinet Progressio juga menambahkan “Alhamdulillah kabinet progressio sudah satu tahun berjalan, bukan waktu yang sebentar untuk kami menempuh masa-masa kembalinya aktivitas kami ke masa sebelum pandemi. Tentu, satu tahun kepengurusan kami tidak luput dari kesalahan, namun puji syukur seluruh unsur yang ada di PSM Unpad dapat bergerak bersama dan mengusahakan yang terbaik. Untuk kabinet selanjutnya, besar harapan kami untuk teman-teman. Semoga apa yang sudah kemarin kita semua upayakan untuk laksanakan dapat dilanjutkan bahkan dapat dilakukan dengan lebih baik lagi. Semangat!”

Secara keseluruhan Musyawarah Besar untuk pemaparan laporan berjalan dengan baik dengan diskusi aktif dari para peserta yang memberikan evaluasi, saran, dan masukan yang membangun. Adapun disela rangkaian, Tim Teknis PSM Unpad memberikan laporan pertanggungjawaban selama 2022. Sesi rangkaian pemaparan ditutup dengan diterimanya laporan pertanggungjawaban tersebut, kepengurusan PSM Unpad periode 2022 Kabinet Progressio telah resmi selesai.

Rangkaian musyawarah dilanjutkan dengan Pemilihan Ketua PSM Unpad 2023. Terdapat dua calon yang melanjutkan ke tahap pemilihan setelah melalui sejumlah seleksi yaitu Ida Bagus Putu, Bass 1 2020 dari Fakultas Ilmu Sosial Politik dan Ratu Ratu Zahranie, Sopran 2 2020 dari Fakultas Keperawatan. Alur pemilihan Ketua PSM Unpad dimulai dengan pemaparan kampanye, sesi tanya jawab terbuka bersama para calon, dan diskusi untuk mencapai musyawarah mufakat. Setelah melalui diskusi bersama seluruh partisipan Musyawarah Besar, Ratu Zahranie terpilih menjadi Ketua PSM Unpad periode 2023 dengan nama kabinet Samahita. Samahita yang dalam bahasa sanskerta berarti kecerdasan, bijaksana, tetap tegar, memiliki ketelitian yang besar yang mengacu pada ekspresi musik yang harmonis. Diharapkan kepengurusan tahun ini setiap individunya memiliki kecerdasan dan ketelitian yang besar, yang mampu membantu membangun PSM kedepannya dan bisa menghadapi segala situasi dengan tegar dan bijaksana.

“Alhamdulillah dipercaya untuk menjadi pemimpin kepengurusan PSM periode ini. Awalnya kaget atas hasilnya, wah ternyata orang-orang menaruh kepercayaan kepada aku, ya berarti aku juga punya tanggung jawab terhadap kepercayaan itu.  Aku juga bersyukur karena kesempatan ini dapat menjadi wadah pembelajaran dan sumber ilmu bagi aku serta semua orang selama satu tahun kepengurusan di periode 2023 kedepan. Harapannya, semoga PSM Unpad bisa menjadi lebih baik lagi melalui perbaikan dari kesalahan yang lalu. Dapat berprestasi di tingkat nasional maupun internasional, dan mampu membawa nama baik almamater.” ungkap Ratu Zahranie

Rangkaian Musyawarah Besar PSM Unpad pada 2022 ditutup dengan diterimanya laporan pertanggungjawaban dan terpilihnya Ketua kepengurusan PSM Unpad periode 2023. Seluruh partisipan luring di Unpad Dipatiukur dan ruang zoom meeting pun ikut memberikan ucapan selamat  kepada Kabinet Progressio yang telah resmi demisioner dan Ratu Zahranie atas terpilihnya sebagai Ketua PSM Unpad periode 2023. Partisipan juga mengucapkan selamat dan semangat kepada pengurus baru PSM Unpad 2023 Kabinet Samahita, semoga kedepannya dapat membawa PSM Unpad ke arah yang lebih baik.