Kaleidoskop PSM Unpad Tahun 2019


[BANDUNG unpadchoir.com] Dengan berakhirnya tahun 2019, berakhir pula perjalan Paduan Suara Mahasiswa Universitas Padjadjaran (PSM Unpad) selama satu tahun penuh ini. Dalam berjalannya tahun 2019, PSM Unpad telah berhasil mengadakan program-program besar yang membuat tahun ini berkesan, di antaranya adalah Resital Vokal I, Konser Intern ke-14, Bakti Sosial, Ulang Tahun PSM Unpad ke-41, Pra-kompetisi Indonesia Kirana 2019, Resital Vokal II, Aubade HUT RI ke-74, Indonesia Kirana 2019, Konser Tahunan ke-23, Rangkaian Penerimaan Anggota Baru, dan Welcoming Party. Berikut merupakan rangkuman singkatnya.

Pada awal tahun 2019 dibuka dengan program PSM Unpad yaitu Resital Vokal I dengan tajuk “Nada Diraya” yang diselenggarakan di Ruang Serba Guna Gedung 2 Lantai 4 Kampus Unpad Dipatiukur pada tanggal 21 Maret 2019. Pada Resital Vokal ini, beberapa dari anggota PSM Unpad menunjukkan kemampuannya dalam hal teknis bernyanyi dan menampilkan suatu pertunjukan solo dengan keberanian mereka yang digambarkan dengan tajuknya yang memiliki makna “nada-nada keberanian”.

Resital Vokal I “Nada Diraya”

Dilanjutkan dengan Konser Intern ke-14 yang bertajuk “Euphonious Chorale” yang diselenggarakan di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad Jalan Dipatiukur No.35 pada tanggal 27 April 2019. Konser ini merupakan konser pertama yang diikuti serta diselenggarakan oleh para anggota baru PSM Unpad yakni angkatan 2018. Pada konser ini juga merupakan ajang dua angkatan termuda PSM Unpad (angkatan 2017 dan 2018) dalam menyelenggarakan sebuah konser PSM Unpad yang menyenangkan dengan keempat sesinya yang ada dalam konser ini yaitu Sesi Klasik, Sesi International Song, Sesi Pop, dan Sesi Indonesian Folk Song.

Konser Intern ke-14 “Euphonious Chorale”

Setelah kedua agenda tersebut, agenda yang dilaksanakan selanjutnya adalah bakti sosial “PSM Unpad Berbagi” dengan tajuk Semarak Ramadhan Berbagi (Serambi) yang diselenggarakan di Panti Asuhan Bina Umat Rancaekek pada tanggal 24 Mei 2019. Acara ini dilaksanakan di Bulan Ramadhan dengan tujuan merayakan bulan suci ini dengan melaksanakan acara buka bersama di Panti Asuhan Bina Umat Rancaekek.

Bakti Sosial “Serambi” 2019

 Selanjutnya pada tanggal 6-7 Juli 2019, PSM Unpad menyelenggarakan acara Ulang Tahun PSM Unpad ke-41 yang diadakan di White Horse Villa/Lembah Curug Villa dalam rangka merayakan 41 tahunnya PSM Unpad telah berdiri. Acara ulang tahun ini dimeriahkan oleh para alumni anggota PSM Unpad beserta para anggota aktif PSM Unpad yang merupakan bagian kesuksesan dan eksistensi PSM Unpad selama ini. Dengan diadakannya acara ulang tahun ini pun merupakan sebuah ajang silaturahmi antar para alumni dan mahasiswa aktif anggota PSM Unpad.

Ulang Tahun ke-41, 2019

Setelah itu, dilaksanakan Konser Pra-kompetisi Indonesia Kirana yang diadakan di dua kota yaitu Jakarta pada tanggal 30 Juni 2019 di Universitas Tarumanegara dan Bandung pada tanggal 3 Juli 2019 di Graha Sanusi Hardjadinata. Konser ini bertujuan untuk mempersiapkan Tim Indonesia Kirana 2019 menuju 1st Asia Choral Grand Prix di Manila, Filipina dan 67th International Choral Competition Polifonico “Guido d’Arezzo” di Italia.

Pra-kompetisi Indonesia Kirana 2019, Jakarta

Lalu setelah itu dilanjutkan dengan dua keberangkatan tim Indonesia Kirana 2019 pada tanggal 17 Juli 2019 menuju 1st Asia Choral Grand Prix 2019 di Manila, Filipina dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Setelah pulang dari Filipina dengan membawa banyak pelajaran dan harapan untuk kompetisi selanjutnya di Italia, tim Indonesia Kirana 2019 kembali berangkat ke Italia menuju 67th International Choral Competition Polifonico “Guido d’Arezzo” dengan harapan yang sama. Tim Indonesia Kirana 2019 telah sampai dengan selamat di Roma, Italia pada tanggal 16 Agustus 2019 yang bertepatan juga dengan agenda lain PSM Unpad selanjutnya.

Agenda PSM Unpad selanjutnya yaitu aubade dalam rangka Hari Ulang Tahun Republik Indonesia yang ke-74. Pada tahun 2019 ini PSM Unpad kembali dipercayai oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) untuk menjadi pengisi aubade dalam upacara HUT RI ke-74 yang berlangsung di Lapangan Gasibu, Bandung. upacara ini dilaksanakan kedalam dua bagian, yaitu pengibaran bendera pada pagi hari dan penurunan bendera atau gelar senja pada sore hari 17 Agustus 2019 yang lalu. Selain itu, PSM Unpad juga menjadi pengisi aubade pada upacara HUT RI ke-74 di Balai Kota Bandung dan Rektorat Universitas Padjadjaran.

Aubade HUT RI ke-74, Gasibu Pagi 2019

Bertepatan di bulan yang sama, PSM Unpad mendapati kabar gembira dari tim Indonesia Kirana 2019 yang telah meraih juara dalam 67th International Choral Competition Polifonico “Guido d’Arezzo” di Italia pada tanggal 25 Agustus 2019. Dalam kompetisi ini, PSM Unpad dalam tim Indonesia Kirana 2019 berhasil meraih beberapa penghargaan yaitu

  1. Gran Premio Citta d’Arezzo
  2. 1st Winner of Sacred Music Category II
  3. 2nd Winner of Monographic Program Category IV
  4. 3rd Winner of Compulsory Category in Mixed Choir Section
  5. Public Prize for International Folksong Category VI
  6. Special Prize of Best Performance for Living Italian Composer
  7. Special Prize of Best Interpretation for Contemporary Piece from Pietro Ferrario “Ubi Caritas”.

Kemenangan ini tentu saja merupakan suatu hal yang patut PSM Unpad syukuri dan dengan kemenangan ini juga membuka kesempatan baru PSM Unpad untuk kembali berjuang menuju European Grand Prix for Choral Singing 2020 di Debrecen, Hungaria.

PSM Unpad meraih Gran Premio Citta d’Arezzo.

Pada bulan Oktober 2019, dilaksanakan kembali Resital Vokal II untuk kedua kalinya pada tahun 2019 dengan tajuk “Clair de Lune” yang dilaksanakan di tempat yang sama seperti Resital Vokal sebelumnya pada tanggal 17 Oktober 2019.

Resital Vokal II “Clair de Lune”

Berbarengan dengan persiapan agenda selanjutnya yaitu Konser Tahunan ke-23, PSM Unpad kembali melaksanakan Rangkaian Penerimaan Anggota Baru 2019 (RPAB 2019) yang berlangsung selama tiga bulan, diawali pada kegiatan Student Day pada akhir Agustus 2019 dan diakhiri dengan kegiatan Welcoming Party yang dilaksanakan pada akhir Oktober 2019.

Student Day RPAB 2019

Welcoming Party RPAB 2019

Agenda selanjutnya yaitu Konser Tahunan PSM Unpad ke-23 dengan tajuk “Lux Cantio” yang bermakna nyanyian yang indah. Konser tahunan pada tahun 2019 ini merupakan konser yang sedikit berbeda dari konser tahunan sebelumnya karena kota tujuannya mencakup Bandung dan Yogyakarta. Konser di Bandung dilaksanakan pada tanggal 27 November 2019 di Graha Sanusi Hardjadinata Unpad Dipatiukur. Sedangkan konser Yogyakarta dilaksanakan pada tanggal 1 Desember 2019 di Syantikara Youth Center. Dengan pencapaian baru tersebut, PSM Unpad mendapatkan banyak pelajaran berharga yang tentunya akan membuat PSM Unpad berkembang pada tahun-tahun selanjutnya.

Konser Tahunan ke-23 “Lux Cantio”, Yogyakarta 2019

Dengan diselenggarakannya agenda terakhir PSM Unpad pada awal Desember tersebut, berakhirlah perjalanan PSM Unpad dalam satu tahun ini yang juga diakhiri dengan diadakannya agenda rutin PSM Unpad yaitu Musyawarah Besar 2019 bertepatan pada tanggal 22 Desember 2019 di Aula Gedung B Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Kampus Unpad Jatinangor. Musyawarah Besar 2019 ini merupakan agenda terakhir PSM Unpad yang bertujuan untuk mengevaluasi seluruh kegiatan PSM Unpad pada tahun 2019 sekaligus menurunkan Kabinet Anam Cara 2019 yang diketuai oleh Galuh Valencia (Alto 1 2016) dan menaikkan Kabinet Kontributif 2020 yang diketuai oleh Raihan Tsany Kurnia (Tenor 1 2017).

Mubes 2019, Galuh Valencia dan Raihan T. Kurnia

Dengan berakhirnya tahun 2019 bagi PSM Unpad, PSM Unpad juga kembali melaksanakan kegiatan caroling rutinnya untuk menyambut hari Raya Natal pada akhir Desember 2019 yang bertempat di Trans Studio Mall Bandung.

Caroling 2019

Dan dengan dilaksanakannya agenda tersebut, berakhir pula tahun 2019 dengan penuh cerita dan pengalaman baru yang didapati oleh PSM Unpad yang tentunya akan menjadi pelajaran yang bermakna untuk tahun selanjutnya. Terimakasih kepada seluruh pihak yang telah berjalan bersama dengan PSM Unpad pada tahun 2019 serta seluruh dukungan dan bantuannya dalam menyukseskan segala agenda yang telah PSM Unpad jalani satu tahun ini. Semoga pada tahun 2020 PSM Unpad akan kembali menyukseskan agenda-agenda PSM Unpad dengan semangat serta harapan  yang baru.